CONTOH PROPOSAL KEMENPORA

                                                               

                                        
                                                                                                         Toniandfriends13 Mar 2016
Nomor
Sifat
Lampiran
Perihal


:
:
:
:

560 /....... - Sekret
Biasa
1 (satu) berkas
PermohonanBantuan
Sarana dan Prasarana Olah raga




Yth.

Kepada
Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)
Jl. Gedung Pemuda No. 3 Senayan - Jakarta
di-
      Jakarta
   

                  Salam Olahraga,

        Bersama ini kami sampaikan surat permohonan bantuan Sarana dan Prasarana Olahraga untuk Desa Toniandfriends Kecamatan Toniandfriends Kabupaten Toniandfriends, karena mengingat anggaran yang ada dari APBDes masih minim sedangkan intensitas kebutuhan prasarana dan sarana olahraga baik berupa alat-alat olahraga maupun kegiatan olahraga sangat tinggi.

  Oleh karena itu demi meningkatkan dan menguatkan pengembangan minat, bakat dan prestasi olahraga bagi generasi muda khususnya pemuda dan pemudi Karang Taruna Toniandfriends dalam bidang olahraga kami berharap kepada Bapak Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia untuk dapat merealisasikan permohonan ini. Adapun untuk rincian kebutuhan terlampir.

    Demikian permohonan ini kami buat atas direalisasikannya permohonan ini kami ucapkan terima kasih.


                     Kuwu Toniandfriends                          Ketua Karang Taruna
                                            


                         Toniandfriends                                Toniandfriends


Mengetahui
Camat Toniandfriends



Toniandfriends
NIP. .....................................
Add caption






Toniandfriends,  14 Maret 2016

Nomor
Sifat
Lampiran
Perihal


:
:
:
:

560 /....... - Sekret
Biasa
1 (satu) berkas
Permohonan Bantuan
Sarana dan Prasarana Olah raga





Yth.


Kepada
Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)
Jl. Gedung Pemuda No. 3 Senayan - Jakarta
di-
      Jakarta



                  Dengan Hormat,

Dalam rangka untuk lebih meningkatkan kegiatan Olah raga bagi masyarakat dan Pemuda Desa Toniandfriends Kecamatan Toniandfriends Kabupaten Toniandfriends, maka perlu adanya Sarana dan Prasarana olah raga yang layak dan memadai.

Berkenaan hal tersebut diatas, dengan ini kami ajukan permohonan bantuan Sarana dan Prasarana Olah raga di Desa Toniandfriends Kecamatan Toniandfriends Kabupaten Toniandfriends.

Demikian atas perhatian serta terkabulnya permohonan ini kami haturkan terima kasih.



MENGETAHUI
CAMAT TONIANDFRIENDS





TONIANDFRIENDS
          NIP. ......................................

KUWU TONIANDFRIENDS





TONIANDFRIENDS

 Tembusan :
  1. Sekretaris Kementrian Pemuda dan Olah raga selaku Kuasa Pengguna Anggaran   (KPA).
  2. Arsip.



KATA PENGANTAR

Salam Olah raga
Puji serta syukur senantiasa kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat rakhmat serta hidayahNya, kami dapat mambuat Proposal Pengajuan bantuan Sarana dan Prasarana Olah raga di Desa Toniandfriends Kecamatan Toniandfriends Kabupaten Toniandfriends.

Dalam rangka untuk lebih meningkatkan kreatifitas pemuda khususnya di bidang olah raga, maka untuk menunjang kegiatan tersebut, perlu adanya sarana dan prasarana yang layak dan memadai.

Sarana dan Prasarana yang layak dan memadai sebagaimana tersebut diatas, saat ini Desa Toniandfriends membutuhkan tempat Olah raga demi untuk menyalurkan hobby dan kreatifitas pemuda, karena sampai saat ini di Desa Toniandfriends masih belum ada sarana yang layak, dan mesti ke luar Desa yang sudah emiliki sarana olah raga yang layak.

Dengan adanya sarana dan Prasarana yang layak dan memadai, diharapkan dapat menciptakan atlit-atlit berprestasi, sehingga bisa mendukung program Pemerintah khususnya dibidang kepemudaan dan olah raga.

Semoga dengan gambaran diatas, menjadi informasi pada instassi terkait, sebagai bahan pertimbangan untuk Peningkatan Program di bidang Kepemudaan dan Olah raga khususnya di Kabupaten Toniandfriends.

Kami menyadari penyusunan proposal ini masih jauh dari kesempurnaan oleh karenanya kami tetap membuka masukan baik saran maupun kritikan yang sifatnya membangun agar dalam penyusunan proposal selanjutnya dapat lebih baik lagi.
      

                                                                   Mundakjaya, 13 Maret 2016

                                                                   Penyusun


I      PENDAHULUAN

A.         LATAR BELAKANG
Desa Toniandfriends adalah salah satu Desa  yang tergabung dalam wilayah Kecamatan Toniandfriends kabupaten Toniandfriends, dengan Luas wilayah 378 ha dengan Jumlah Penduduk 4499 jiwa.

Olahraga merupakan salah satu ajang pengembangan minat, bakat dan prestasi, dan dengan berolahraga akan mendapatkan nilai positif yang terkandung di dalamnya yakni adanya tempat penyaluran pelepasan emosional. Hal ini merupakan salah satu peran penting untuk mengarahkan psikologi ke arah kematangan emosional, disamping itu dengan berolahraga dapat menjunjung tinggi nilai sosialisasi antar sesama.

Namun keterbatasan sarana dan prasarana olahraga menjadi masalah yang paling mendasar bagi pengembangan minat, bakat dan prestasi dalam bidang olahraga, selain factor keterbatasan tadi bentuk kompetisi olahraga antar desa, kecamatan, kabupaten, propinsi dan nasional yang masih dirasa kurang menjadikan menurunnya prestasi olahraga kita pada tingkat dunia.

Oleh karenanya keberadaan atau tersedianya sarana dan prasarana pada tingkat desa diharapkan dapat mendongkrak prestasi olahraga disemua cabang, selain itu kondisi tersebut merupakan sebagai upaya untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga serta mejalin persatuan dan kesatuan antar warga dan secara tidak langsung kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi salah satu wadah bagi penempaan skil dan mental bagi para pemuda dan pemudi sehingga akan munculnya bibit-bibit dan talenta-talenta yang baru dalam bidang olahraga.

Kondisi sarana dan prasarana Desa Toniandfriends yang ada masih belum layak dan memadai, terutama sarana dan prasarana olah raga. Dengan demikian masyarakat desa Toniandfriends khususnya pemudanya banyak yang menyalurkan hobby dan kreatifitasnya ke luar desa.

Memperhatikan hal tersebut di atas, kami Pemerintah Desa Toniandfriends bekerja sama dengan kelembagaan yang ada di desa melalui musyawarah desa, sepakat ingin membuat sarana dan prasarana olah raga. Tetapi untuk mewududkan hal tersebut tidaklah mudah, keterbatasan dana merupakan salah satu penghambat terrealisasinya pembangunan sarana dan prasarana olah raga tersebut.

Untuk itu, melalui permohonan yang kami sampaikan kepada Kementrian Pemuda dan Olah raga ini mudah-mudahan dapat terealisasi keinginan warga Desa Toniandfriends Kecamatan Toniandfriends Kabupaten Toniandfriends

B.  TUJUAN DAN MANFAAT
            TUJUAN
     Tujuan Pembangunan sarana dan Prasarana Olah raga sebagai berikut
  1. Menyalurkan hobby dan kreatifitas pemuda, khususnya di bidang olah raga;
  2. Mengurangi angka kenakalan remaja;
  3. Meningkatkan peran serta masyarakat dan lembaga Kepemudaan yang ada di Desa;
  4. Mewujudkan mayarakat Desa Toniandfriends yang sehat jasmani  dan rohani.
     MANFAAT
     Dengan dibangunnya Sarana dan prasarana olah raga di Desa Toniandfriends,       diharapkan :

  1. Tersalurkannya hobby dan kreatifitas pemuda,
  2. Mencetak bibit-bibit atlit olah raga yang berbakat,
  3. Mempererat kerukunan antar pemuda,
  4. Tercipanya regenerasi di bidang olah raga,
  5. Ikut mensukseskan program Pemerintah, khususnya di bidang Olah raga.

C.  ANGGARAN YANG DIPERLUKAN
     Dengan melihat kondisi sarana dan prasarana yang ada,         pembangunan         diperkirakan membutuhkan biaya sebesar Dua ratus lima puluh juta rupiah         (RAB terlampir).


II       PROFIL DESA MUNDAKJAYA

1.        LUAS WILAYAH
Luas wilayah Desa Toniandfriends Kecamatan Toniandfriends Kabupaten Toniandfriends adalah 378 Ha.
Luas wilayah tersebut merupakan kompilasi dari tanah daratan, tanah sawah dan tanah-tanah lainnya yang syah sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan.
Untuk luas permukiman sekitar 100 ha atau 26,45 % dari luas total wilayah.

2.        BATAS WILAYAH
Batas Wilayah Desa Toniandfriends sebagai berikut :
Sebelah Utara        :   Desa Toniandfriends
Sebalah Timur       :   Desa Toniandfriends
Sebelah Selatan     :   Desa Toniandfriends
Sebelah Barat        :   Desa Toniandfriends

3.        ORBITASI
Jarak ke Ibukota Kecamatan     :   1,5 Km
Jarak ke Ibukota Kabupaten     :    31 Km
Jarak ke Ibukota Propinsi         :    96 Km
Kendaraan Umum Yang Ada     :  Ojeg Motor

4.        POTENSI DESA
4.1.  Jumlah Penduduk
Jumlah penduduk merupakan potensi yang dapat memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan, dan ini merupakan potensi untuk Desa Toniandfriends Kecamatan Toniandfriends Kabupaten Toniandfriends dari segi Sumber Daya Manusia (SDM).

Jumlah Penduduk Desa Mundakjaya akhir Bulan Maret  2016 adalah : 4.499 jiwa terdiri dari 2.164 laki-laki dan 2.335 perempuan dengan jumlah kepala keluarga (KK) 1.497 KK.

Desa Toniandfriends terbagi dalam 2 Blok (Dusun) dan 5 Rukun Warga (RW) serta 28 Rukun Tetangga (RT).

4.2.  Mata Pencaharian Penduduk
Mata Pencaharian penduduk Desa Toniandfriends sangatlah beragam, yaitu terdiri dari mata pencaharian sebagaimana berikut  :

NO
NAMA
JUMLAH
1
TNI/POLRI/PNS
30 orang
2
Pensiunan
13 orang
3
Swasta
102 orang
4
Petani
1.170 orang
5
Buruh Tani
1.625 orang
6
Pedagang
227 orang
7
Industri Kecil
32 orang
8
Pelajar/Mahasiswa
642 orang
9
Lain-lain
683 orang

Dari data diatas maka mata pencaharian penduduk yang paling dominan adalah buruh Tani, hal ini dapat dijadikan indicator bahwa keadaan ekonomi masyarakat Desa Toniandfriends Kecamatan Toniandfriends termasuk kedalam kategori “Ekonomi Lemah” yang sebagian besar mengandalkan dari sector Pertanian yang panennya 2 (dua) kali dalam setahun.

4.3.  Pendidikan
Tingkat kelulusan/tamatan pendidikan masyarakat Desa Toniandfriends antara lain sebagai berikut :
a. Tamat SD/Sederajat                : 423 Orang
b. Tamat SLTP/Sederajat            :   60 Orang
c. Tamat SLTA/Sederajat             :   43 Orang
d. Tamat D.I/D.II/D.III                :   8 Orang
e. Tamat Sarjana (S1 – S3)          :     2 Orang

4.4.  Kelembagaan
Kelembagaan di Pemerintah Desa Toniandfriends sampai saat ini masih terbentuk dan terjalin dengan hubungan yang harmonis (Kuwu beserta Pamong dengan  BPD) maupun Kelembagaan Non Pemerintah (Kemasyarakatan) yang terdiri dari LPM, PKK, Karang Taruna, MUI, Kelompok Tani dan kelembagaan lainnya yang diperlukan seperti OMS.

4.5.  Sosial Ekonomi Masyarakat
Kondisi ekonomi masyarakat Desa Toniandfriends Kecamatan Toniandfriends  Kabupaten Toniandfriends termasuk dalam katagori ekonomi menengah ke bawah.

Hal ini dapat dilihat dari mata pencaharian penduduk yang sebagian besar berprofesi sebagai buruh tani sehingga tingkat pendidikan yang dicapai sebagian besar masyarakat kami masih terbatas.

Dibalik keterbatasan itu, masyarakat Desa Toniandfriends masih memiliki kultur kebersamaan (Gotong Royong) yang sangat erat dengan tidak membedakan status sosial, juga masyarakat Desa Toniandfriends    masih      mempertahankan  kultur budaya / adat istiadat yang turun temurun.

Kebersamaan itu dapat diwujudkan dalam bentuk pembangunan dan bidang kemasyarakatan lainnya.

Masyarakat Desa Toniandfriends siap berswadaya atau bergotong royong berupa mobilisasi tenaga kerja ( Man Power ) apabila ada program-program pembangunan dari Pemerintah yang mensyaratkan imbal swadaya (sharing).


III      PENUTUP

Akhirnya kami hanya berharap apa yang kami inginkan dan cita-citakan adanya sarana dan prasarana olahraga yang memadai di Desa Toniandfriends Kecamatan Toniandfriends Kabupaten Toniandfriends dapat terwujud sehingga apa yang menjadi keinginan kita bersama yakni prestasi olahraga Indonesia dapat berprestasi dikancah Internasional.
Amin.
                                                                            
Toniandfriends, 13 Maret 2016
Kuwu Toniandfriends



TONIANDFRIENDS







LAMPIRAN - LAMPIRAN





 

RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB)
PENGADAAN PRASARANA DAN SARANA OLAH RAGA
NO
URAIAN
VOL
SATUAN

BIAYA
HARGA
SATUAN
(Rp)
1
2
3
4
5
6
1
Bahan Material :





- Ebel
119,62
m3
         700.000
          83.734.000

- Semen ebel
120
zak
           80.000
            9.600.000

- Semen portland
350
zak
           72.000
          25.200.000

- Batu pecah mesin 2/3
40
m3
         366.000
          14.640.000

- Sirtu
60
m3
         220.000
        13.200.000

- Pasir Pasang
100
m3
         253.000
          25.300.000

- Besi D10
70
btg
           70.000
            4.900.000

- Besi D8
105
btg
           60.000
            6.300.000

- Kawat Beton
24
kg
           24.000
              576.000

- Kusen pintu dan jendela
1
paket
     20.000.000
          20.000.000

- Papan lebar 0,25 m
15
lbr
           14.000
              210.000

- Sewa mesin molen + bbm
13
hari
         150.000
            1.950.000

- Ember
15
bh
             8.000
              120.000

- Paso
8
bh
           15.000
              120.000

- Paku 7-10
4
kg
           23.000
                92.000

- Benang kelos
6
bh
             3.000
                18.000

- Cat tembok
200
kg
         120.000
          24.000.000

JUMLAH



       229.960.000
3
Upah :





1. Mandor
20
HOK
           86.000
            1.720.000

2. Kepala Tukang
40
HOK
           75.000
            3.000.000

3. Tukang batu
100
HOK
           68.000
            6.800.000

4. Tukang kayu
10
HOK
           72.000
              720.000

5. Pembantu tukang
100
HOK
           68.000
            6.800.000

JUMLAH



        19.040.000
4
Biaya Operasional :





1. Dokumentasi dan pelaporan
1
paket
       1.000.000
            1.000.000

JUMLAH



          1.000.000

JUMLAH TOTAL
      250.000.000
Toniandfriends, 13 Maret 2016
KUWU TONIANDFRIENDS
TONIANDFRIENDS





SURAT KETERANGAN STATUS TANAH
Nomor : 145/ 11 –Sekret


Yang Bertanda tangan di bawah ini :

N a m a                 : TONIANDFRIENDS
Jabatan                : Kuwu Desa Toniandfriends

Dengan ini menerangkan bahwa :

Tanah yang terletak di Blok Toniandfriends Desa Toniandfriends Rt. 001/004, seluas 1.260 M2 yang sekarang diajukan sebagai Gedung Olah raga (Gor Mini), merupakan tanah kas desa dan bukan tanah milik masyarakat serta tidak dalam sengketa.
Adapun batas tanah tersebut :

          Sebelah Utara       : Tanah Toniandfriends
          Sebelah Timur      : Tanah Toniandfriends
          Sebelah Selatan    : Tanah Toniandfriends
          Sebelah Barat       : Tanah Toniandfriends

Demikian Surat Keterangan ini dibuat dengan sebenarnya dan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.


Toniandfriends, 13 Maret 2016
KUWU TONIANDFRIENDS




TONIANDFRIENDS





SURAT KETERANGAN
FUNGSI TANAH SEBAGAI PRASARANA OLAH RAGA
Nomor : 145/ 12 –Sekret



Yang Bertanda tangan di bawah ini :

N a m a                 : TONIANDFRIENDS
Jabatan                : Kuwu Desa Toniandfriends

Dengan ini menerangkan bahwa :

Tanah yang terletak di Blok Toniandfriends Desa Toniandfriends Rt. 001/004, seluas 1.260 M2 yang sekarang diajukan sebagai Gedung Olah raga (Gor Mini), merupakan tanah kas desa dan bukan tanah milik masyarakat serta tidak dalam sengketa yang diperuntukan sebagai Prasarana Olah Raga dikarenakan kebutuhan akan adanya prasarana olah raga khususnya futsal.

Demikian Surat Keterangan ini dibuat dengan sebenarnya dan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.



Toniandfriends, 13 Maret 2016
KUWU TONIANDFRIENDS




TONIANDFRIENDS







SURAT PERNYATAAN
KEABSAHAN DOKUMEN
No : 145/13 –Sekret



Yang Bertanda tangan di bawah ini :

N a m a                 : TONIANDFRIENDS
Jabatan                : Kuwu Desa Toniandfriends

Dengan ini menerangkan bahwa :

Seluruh dokumen yang diajukan pada proposal ini adalah sah dan benar adanya sesuai data yang ada pada Pemerintahan Desa Toniandfriends Kecamatan Toniandfriends Kabupaten Toniandfriends serta dapat dipertanggungjawabkan.

Demikian Surat Pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya  dan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.



Toniandfriends, 13 Maret 2016
KUWU TONIANDFRIENDS





TONIANDFRIENDS









FOTO O %
LOKASI KEGIATAN



Komentar

Postingan Populer