MUNDAKJAYA PROFILE



Desa Mundakjaya merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat. Desa ini terbagi dua wilayah yaitu Blok Munjul dan Blok Badak. Kedua wilayah blok ini dipisahkan oleh sawah yang sangat luas dengan perjalanan sekitar 2 km.
Sebelum menjadi Desa Mundakjaya, Desa Mundakjaya masih menjadi bagian atau menginduk ke Desa Cibereng.
Pada tahun 1982 Desa Cibereng yang dirasa terlalu luas dengan jumlah penduduk yang padat mulai dimekarkan menjadi 2 (dua) Desa. Sebelah selatan sebagai wilayah yang dimekarkan dinamakan Desa Karangasem, sedangkan sebelah utara sebagai induk wilayah adalah Desa Cibereng. Dan pada tahun ini Desa Mundakjaya masih belum berdiri sendiri dan masih menginduk ke Desa Karangasem.
Pada tahun 1984 Desa Karangasem dimekarkan lagi menjadi 2 Desa yakni Desa Karangasem dan Desa Mundakjaya, tidak ada legenda, karena lahir pada masa orde baru yaitu pada Tahun 1984. Nama Mundakjaya sendiri berasal dari nama blok yang ada di Desa Mundakjaya yaitu blok Munjul dan dan blok Badak disingkat MUNDAK sedangkan nama JAYA merupakan harapan dari masyarakat blok Munjul dan blok Badak agar desanya menjadi jaya sehingga ditambahkanlah nama Jaya dibelakangnya.
Desa Mundakjaya sebagian besar masyarakatnya bermatapencaharian dengan mengandalkan dari sector pertanian, dengan luas 378 Ha dimana 278 Ha adalah lahan pertanian.
Untuk jarak tempuh dari ibukota kabupaten ± 30 KM, sedangkan jarak tempuh dari ibukota provinsi ± 185 KM, dan jarak tempuh dari ibukota negara ± 210 KM. 
Wilayah Desa Mundakjaya terdiri dari 2 blok yaitu Blok Munjul dan Blok Badak yang terbagi dalam 28 Rukun Tetangga (RT) dan 5 Rukun Warga (RW). 
Secara administrasif Desa Mundakjaya tentunya berbatasan langsung dengan desa-desa yang ada disekelilingnya, diantaranya : 
Sebelah utara : Desa Cibereng
Sebelah selatan : Desa Cikedung Lor
Sebelah barat : Desa Karangasem

Sebelah timur : Desa Tempel Kulon






Komentar

Postingan Populer